Contoh RPP Bahasa Inggris SMA
















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 (RPP)

Nama Sekolah  :  MAN 2 Kudus
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Siklus                : Writing
Materi               :  Descriptive text
Kelas/Semester   :        X3 / 2
Pertemuan Ke   :  6
Alokasi Waktu  :  2 x 40 menit

       I.      STANDAR KOMPETENSI
         Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.

    II.      KOMPETENSI DASAR
Mengungkap-kan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item.

 III.      INDIKATOR

·        Memahami dan mampu menganalisa descriptive text
·        Memahami dan mampu menganalisa Adjective Clause dalam Descriptive text
·        Menghasilkan teks berbentuk deskripsi yang menggunakan kalimat berupa Adjectve Clause

  IV.      TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat memahami dan mampu menganalisa descriptive text
·        Siswa dapat Memahami dan mampu menganalisa Adjective Clause dalam Descriptive text
·        Siswa dapat menghasilkan teks berbentuk deskripsi yang menggunakan kalimat berupa Adjectve Clause

     V.      MATERI PEMBELAJARAN
      Adjective Clauses/Relative Clauses
     
            A relative clause is a subordinate clause which is generally preceded by a relative pronoun like who, which, whom, that, etc. A defining relative clause is essential in a sentence because it qualities the noun in the main clause is some way. While a non-defining relative clause only gives an explanation, so it is not essential to the sentence.
1.      Who: It is refers to a person that used as subject.
Example: The Lady who teaches in political science department is my mentor.
2.      Whom: It is refers to a person that used as an object of the clause
Example: The person whom I spoke last night is my father.
3.      Which/that: is refers to a things or animals
Example: The watch which Ken bought was expensive.
4.      Whose: Possession/ownership
Example: the company whose manager was resigned is in dire straits.
5.      When: for a time (year, month, week, day etc)
Example: I will never forget the day when I meet you.
6.      Where: for a place (Country, district, city, etc)
Example: The house where he stays is old.
7.      Why: for a reasons
Example: I don’t know why he winked.

  VI.      METODE PENGAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        TPR (Total Physical Response)
·        Grammer Translation Method
VII.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan  (10’)
·        Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
·        Mengecek kehadiran siswa (disiplin, rajin)
·        Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·        Guru membuat situasi pembelajaran tentang Relative Clause
Kegiatan Inti
Eksplorasi (10’)
§  Guru memberikan contoh teks berbahasa Indonesia yang diterjemahkan ke bahasa Inggris yang mengandung Relative clause
§  Guru meminta siswa untuk mengulangi kalimat tersebut (rasa tanggung jawab)
§  Siswa mencatat kesalahan dan pembenaran tersebut (disiplin, kerja keras)
Elaborasi (30’)
§  Secara tertulis guru menjelaskan materi berupa Relative Clause
§  Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan seksama (rasa ingin tahu)
§  Guru meminta siswa membuat kalimat Relative Clause
§  Guru membahas meteri bersama siswa melalui sebuah Tanya jawab (bersahabat, tanggung jawab)
Konfirmasi (30’)
§  Guru mengecek pemahaman siswa dengan member mereka beberapa pertanyaan
§  Siswa menjawab pertanyaan guru (tanggung jawab)
§  Guru membahas jawaban siswa bersama-sama dengan siswa (peduli dan tanggung jawab)
Kegiatan Akhir (10’)
§  Guru member kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang mereka anggap kurang jelas (rasa ingin tahu)
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) atau Ulangan berkaitan dengan materi.
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
§  Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan mengucapan salam (religious)
VIII.      SUMBER/BAHAN/ALAT
·        Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
·        LKS Maestro untuk SMA X semester Genap
·        Sumber Internet
·        A simple English usage
  IX.      PENILAIAN
  • Teknik                          :     Tugas Individu
  • Bentuk Instrumen           :   Tertulis

 Contoh Instrumen     :

Combine the pairs of clauses!
1.      The man is playing baseball. The man is holding a bat.
2.      I see the doctor in the room. The doctor is my father.
3.      The telephone is in your room. The telephone is ringing.
4.      I see the flowers. The flowers are in the pot.
5.      The girl is crying. Her cat is sick.



Guru Pamong



Erni Naili MK S.PdI

Kudus 11 Februari 2013
Mahasiswa Praktikan


Muhammad Nuryanto
NIM: 11310064

Mengetahui
Kepala MAN 2 Kudus


Drs. H. AH. Rif’an M.ag
NIP: 19661212 199203 1 004



Komentar

  1. bs terbantu dg blog ini n g nyangka jg PPL nya d MAN 2 kudus,,,thanks

    BalasHapus