Contoh RPP Bahasa Inggris SMA
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : MAN 2 Kudus
Mata Pelajaran: Bahasa
Inggris
Siklus :
Writing
Materi : Descriptive text
Kelas/Semester : X3 / 2
Pertemuan Ke : 6
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog sederhana berbentuk narrative,
descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.
II.
KOMPETENSI DASAR
Mengungkap-kan makna dalam teks monolog sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item.
III.
INDIKATOR
·
Memahami dan mampu menganalisa descriptive
text
·
Memahami dan mampu menganalisa Adjective
Clause dalam Descriptive text
·
Menghasilkan teks berbentuk deskripsi yang menggunakan
kalimat berupa Adjectve Clause
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa dapat memahami dan mampu menganalisa descriptive
text
·
Siswa dapat Memahami dan mampu
menganalisa Adjective Clause dalam Descriptive text
·
Siswa dapat menghasilkan teks berbentuk
deskripsi yang menggunakan kalimat berupa Adjectve Clause
V.
MATERI PEMBELAJARAN
Adjective Clauses/Relative Clauses
A
relative clause is a subordinate clause which is generally preceded by a relative
pronoun like who, which, whom, that, etc. A defining relative
clause is essential in a sentence because it qualities the noun in the main
clause is some way. While a non-defining relative clause only gives an
explanation, so it is not essential to the sentence.
1. Who: It is refers to a person that used as subject.
Example:
The Lady who teaches in political science department is my mentor.
2. Whom: It is refers to a person that used as an
object of the clause
Example:
The person whom I spoke last night is my father.
3. Which/that: is refers to a things or animals
Example:
The watch which Ken bought was expensive.
4. Whose: Possession/ownership
Example:
the company whose manager was resigned is in dire straits.
5. When: for a time (year, month, week, day etc)
Example:
I will never forget the day when I meet you.
6. Where: for a place (Country, district, city, etc)
Example:
The house where he stays is old.
7. Why: for a reasons
Example:
I don’t know why he winked.
VI. METODE PENGAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
TPR (Total Physical Response)
·
Grammer Translation Method
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan (10’)
·
Mengucapkan salam dengan
ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (santun, peduli)
·
Mengecek kehadiran
siswa (disiplin, rajin)
·
Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·
Guru membuat situasi
pembelajaran tentang Relative Clause
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
(10’)
§
Guru memberikan contoh teks berbahasa Indonesia
yang diterjemahkan ke bahasa Inggris yang mengandung Relative clause
§
Guru meminta siswa untuk mengulangi kalimat
tersebut (rasa tanggung jawab)
§
Siswa mencatat kesalahan dan pembenaran
tersebut (disiplin, kerja keras)
Elaborasi
(30’)
§
Secara tertulis guru menjelaskan materi berupa Relative
Clause
§
Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan seksama
(rasa ingin tahu)
§
Guru meminta siswa membuat kalimat Relative
Clause
§
Guru membahas meteri bersama siswa melalui
sebuah Tanya jawab (bersahabat, tanggung jawab)
Konfirmasi
(30’)
§ Guru
mengecek pemahaman siswa dengan member mereka beberapa pertanyaan
§ Siswa
menjawab pertanyaan guru (tanggung jawab)
§ Guru membahas
jawaban siswa bersama-sama dengan siswa (peduli dan tanggung jawab)
Kegiatan
Akhir (10’)
§
Guru member kesempatan siswa untuk bertanya
tentang materi yang mereka anggap kurang jelas (rasa ingin tahu)
§
Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) atau
Ulangan berkaitan dengan materi.
§
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
§
Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan
mengucapan salam (religious)
VIII.
SUMBER/BAHAN/ALAT
·
Developing English Competencies for Grade X
Senior High School (SMA/MA)
·
LKS Maestro untuk SMA X semester Genap
·
Sumber Internet
·
A simple English usage
IX. PENILAIAN
- Teknik
: Tugas Individu
- Bentuk
Instrumen :
Tertulis
Contoh Instrumen :
Combine the pairs of clauses!
1.
The man is playing baseball. The man is holding
a bat.
2.
I see the doctor in the room. The doctor is my
father.
3.
The telephone is in your room. The telephone is
ringing.
4.
I see the flowers. The flowers are in the pot.
5.
The girl is crying. Her cat is sick.
|
Guru Pamong
Erni Naili MK S.PdI
|
|
Kudus 11 Februari 2013
Mahasiswa Praktikan
Muhammad Nuryanto
NIM: 11310064
|
|
|
Mengetahui
Kepala MAN 2 Kudus
Drs. H. AH. Rif’an M.ag
NIP: 19661212 199203 1 004
|
|

bs terbantu dg blog ini n g nyangka jg PPL nya d MAN 2 kudus,,,thanks
BalasHapus